PRODUKSI FILM DIGITAL

DIGITAL CINEMA
PRODUKSI FILM DIGITAL
Pengertian Film
Film biasa dipakai untuk merekam suatu keadaan atau mengemukakan sesuatu. Film dipakai untuk memenuhi suatu kebutuhan umum, yaitu mengkomunikasikan suatu gagasan, pesan atau kenyataan. Karena keunikan dimensinya, film telah diterima sebagai salah satu media audio visual yang paling popular dan digemari. Selain itu film juga dianggap sebagai media yang paling efektif.

Pengertian Animasi
Film animasi berasal dari dua disiplin ilmu, yaitu film yang berakar pada dunia fotografi dan animasi yang berakar pada dunia gambar. Animasi dipandang sebagai suatu hasil proses dimana obyek-obyek yang digambarkan atau divisualisasikan tampak hidup. Gambar digerakkan melalui perubahan sedikit demi sedikit dan teratur sehingga memberikan kesan hidup.
Dalam dunia penyiaran ada ketentuan dalam penentuan resolusi animasi. Resolusi tersebut berpengaruh pada frame per secondnya. menurut NTSC (National televition Standard Comitee) ukuran dasar yang digunakan atar frame per second adalah 24 frame per second (24fps).

Jenis Film Animasi
a. Animasi 2 Dimensi (2D)
b. Animasi 3 Dimensi (3D)
c. Animasi Tanah Liat (Clay Animation)
d. Animasi Jepang (Anime)

Bentuk Film Animasi
a. Film Spot (10 sampai 60 detik )
b. Film Pocket Cartoon (50 detik sampai 2 menit)
c. Film Pendek (2 sampai 20 menit)
d. Film Setengah Panjang (20 sampai 50 menit)
e. Film Panjang (minimal 50 menit)

langkah-langkah saat ingin membaut animasi:

METODE PENELITIAN
Merancang dan memproduksi sebuah film animasi dengan menggunakan teknik 2d hybrid animation. Film animasi tersebut berisi tentang keseharian seorang anak muslim yang senantiasa mengamalkan sedekah dalam kehidupan sehari-hari. Dalam film animasi tersebut diiringi musik dan suara atau audio agar mempermudah dan memperjelas dalam memahami isi cerita serta menarik perhatian anak-anak.

MENENTUKAN IDE
Ide pembuatan film animasi ini muncul ketika melihat kenyataan bahwa anak lebih suka menggunakan uang jajannya untuk membeli makanan atau mainan kesukaannya dibandingkan menyedekahkannya. Perlu adanya perbaikan karakter tentang nilai keislaman terutama tentang arti dan manfaat dari sedekah, yang ternyata jika ditelusuri banyak sekali nilai guna atau manfaat dari sedekah.

MEMBUAT GAMBAR
Langkah pertama adalah membuat gambar karakter tokoh animasi secara manual kemudian di scan. Edit menggunakan Adobe Photoshop CS3 untuk mengatur ketebalan garis. Gambar hasil scan dipindah ke dalam software macromedia flash 8. Selanjutnya ubah gambar dari bitmap menjadi vector dengan cara pilih modify, bitmap, trace bitmap, maka secara otomatis gambar scan akan berubah dari bitmap menjadi vector.

PENGISIAN SUARA
Suara tokoh dalam film animasi pendek ini dilakukan dengan cara merekam suara orang dengan alat bantu perekam yang menghasilkan suara dengan format .amr, kemudian hasil rekaman tersebut diconvert dalam format .mp3 dengan bantuan software Cool Record Edit Pro 8.5.2.

RENDERING
Proses rendering dilakukan dengan bantuan Moyea Swf To Video Converter Pro. Moyea Swf To Video Converter Pro akan menyatukan movie dengan suara dubber maupun backsound menjadi satu, hasil rendering (output) ini sudah berformat avi. Setelah file .swf terbentuk maka convert movie .swf menggunakan software Moyea Swf To Video Converter Pro dengan meng-inputkan file dengan cara browse - from folder dan cari dimana file berada.

DAFTAR PUSTAKA :






Komentar

  1. Pada daftar pustaka, jurnal yang dijadikan referensi mengambil judul animasi "Dahsyatnya Sedekah". Seharusnya Anda tuliskan mengenai pembuatan anime tersebut, jangan ambil secara umumnya. Karena jika Anda ambil secara umumnya saja, sudah tentu tidak berkaitan dan bersesuaian isi tulisan blog dengan jurnal.
    -NH-

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perancangan Game Edukasi Fish Identity dengan Menggunakan Java TM

ESTETIKA FILM

SISTEM PENERIMAAN TELEVISI